Posted by : Unknown Jumat, 30 September 2016

Pada saat ini mungkin banyak masyarakat yang masih kurang menyadari arti penting dari pendidikan kewarganegaraan itu sendiri. Hal tersebut dapat dilihat dengan kacamata yang abstrak bawasannya banyak sekali para pelajar yang menganggap pendidikan atau mata pelajaran kewarganegaraan hanya sekedar teori yang sangat membosankan.

Hal tersebut semakin menguat dengan dampak dari kurangnya pemikiran mengenai arti penting pendidikan kewarganegaraan dengan semakin maraknya tawuran antar pelajar yang saat ini menyedot perhatian publik khusunya di ibu kota.

Dari semua itu muncul tanda tanya besar mengenai pertanyaan, bagaiamana bisa pelajar tersebut dapat melakukan hal itu, apa mereka belum mengerti dengan benar apa makna dari pancasila ? sedangkan mereka sendiri masih dalam masa dimana pendidikan tersebut dapat diberikan.

Apakah masalah tersebut menjadi masalah yang harus dipertanggungjawabkan oleh pihak sekoalah ? tentu jawaban yang lantang adalah tidak. Megapa ? karena pada hakikatnya semua pelajar tidak hanya diberikan sebuah pelajaran yang berarti dalam ruang dan lingkup sekolah, akan tetapi semua pelajar harus dapat menyerap dengan benar pelajaran tersebut di lingkungan dimanapun ia berada.

Hakikat dari pendidikan kewarganegaraan itu sendiri merupakan upaya sadar serta terencana untuk mencerdaskan segala kegidupan bangsa serta menumbuhkan jati diri bangsa serta moral bangsa sebagai suatu dasar pelaksanaan hak dan kewajiban bela negara, demi kelangsungan hidup serta kejayaan bernegara.

Sedangkan tujuan dari pendidikan kewarganegaraan itu sendiri ialah mewujudkan agar warga negara dapat memberikan sikap bela negara yang dilandaskan pada pemahaman politik kebangsaan, dan kepekaan mengembangkan jati diri dan moral bangsa dalam perikehidupan bangsa.

Dalam hal ini dapat diketahui pula standart isi yang diberikan oleh pendidikan kewarganegaraan sebagai acuan serta pedoman terlaksananya pendidikan tersebut. Dalam hal ini pendidikan kewarganegaraan berusaha mengembangkan :

1. Nilai-nilai cinta tanah air;
2. Kesadaran berbangsa dan bernegara;
3. Keyakinan terhadap Pancasila sebagai ideologi negara;
4. Nilai-nilai demokrasi, hak asasi manusia dan lingkungan hidup;
5. Kerelaan berkorban untuk masyarakat, bangsa, dan negara, serta
6. Kemampuan awal bela negara.
Dari sini dapat disimpulakan bahwasannya pendidikan kewarganegaraan merupakan pendidikan yang penting untuk semua bangsa karena dari pendidikan inilah eseorang mampu memahami setiap struktur negara yang ada.

Oleh karenanya, bagi anda yang merasa bagian dari suatu negara berusahalah memiliki rasa cinta terhadap tanah air yang dapat dipupuk melalui pendidikan kewarganegaraan. Sehingga bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat yang mampu mengatasi segala rintangan yang ada.

Sumber: tesispendidikan.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Miku Techno - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -